Monday, May 18, 2015

The Magical Coastal Walk : From Coogee to Bondi Beach

Pernah mendengar istilah “everything starts with an idea”? Atau “everything starts with a dream” mungkin? Pernyataan yang tidak berlebihan menurut saya, karena semua hal yang diciptakan atau dicapai oleh manusia di dunia ini memang awalnya berasal dari sebuah ide atau impian. Mobil, pesawat, penaklukan Everest, perjalanan keliling dunia, you name it. Perjalanan kecil yang saya lakukan tentunya tidak bisa disetarakan dengan hal-hal tersebut, tapi prosesnya sama, dimulai dari sebuah ide.

Suatu hari di dalam kelas, salah satu lecturer Tourism saya Mrs. Parsonage bercerita tentang coastal walk atau perjalanan kaki menyusuri garis pantai yang dilakukannya dari pantai Bondi ke pantai Coogee di akhir pekan yang lalu. Cara beliau menggambarkan perjalanannya itu membuat saya terkesima dan terbersit ide untuk melakukan perjalanan yang sama suatu hari. Bondi dan Coogee merupakan dua pantai yang sangat populer di kota Sydney, Australia. Kedua pantai tersebut terletak pada satu garis pantai panjang di pesisir timur Sydney dan diantaranya masih ada pantai-pantai lain yang lebih kecil. So, saya dan teman sekelas saya yang asal Chile, Mauricio sepakat mengatur waktu untuk mewujudkan ide ini.  Can’t hardly wait!

Tidak lama kemudian, hari yang sudah ditunggu-tunggu itu pun tiba. Pagi-pagi kami berdua berangkat dari tempat tinggal masing-masing dan sepakat untuk bertemu di Coogee. Saya naik bis dari pusat kota dan Mauricio mengendarai mobil pribadinya dari rumahnya yang berlokasi di Seven Hills, sebuah suburb di Sydney. Jadi yang akan kami lakukan kebalikan dari rencana semula untuk start dari Bondi. Alasannya, menurut Mauricio parkir mobil di Coogee lebih mudah. Memang harus diakui, pantai Bondi memang lebih ramai dibanding Coogee dan masalah parkir mobil bisa menjadi kendala. Ternyata saya sampai duluan dan harus menunggu sesaat sebelum menemui Mauricio di area parkir dekat pantai. Cuaca musim panas hari itu sangat cerah, benar-benar perfect untuk jalan-jalan. Dari area parkir kami langsung berjalan ke area jalan setapak yang akan membawa kami menyusuri pesisir pantai timur Sydney.

Kami disambut oleh sebuah sign board yang bertuliskan Gordons Bay dan di bagian bawahnya ada petunjuk arah panah ‘jalan terus’ serta tulisan Eastern Beaches Coastal Walkway. Good, we’re on the right track. Di awal perjalanan ini, kami disuguhi pemandangan teluk dengan rentetan gedung-gedung dan perumahan di pinggir tebing. Kedalaman air di sini masih relatif dangkal sehingga dasarnya masih terlihat. Berikutnya kami berjalan melewati suatu area perumahan dengan view yang menghadap ke laut. Bagaimana ya rasanya bangun tiap hari dengan pemandangan seperti ini? Mungkin para penghuni di situ tidak akan merasa spesial karena sudah terbiasa melihat panorama teluk dan laut, tapi bagi saya terasa sangat dreamy...

Setelah itu kami sampai di Clovelly Bay. Di sini ada sebuah area untuk berenang dengan platform beton di kedua sisinya. Kondisi permukaan platform yang keras sama sekali tidak menghalangi para pengunjung untuk berjemur di sini. Gak ada pantai berpasir, lapangan semen pun jadi. As long as they get to sun bathe, it doesn’t really matter. Australians just LOVE the sunlight! Dan yang patut diacungi jempol, meskipun area ini relatif kecil, tetap ada lifeguard yang standby untuk berjaga-jaga. Dari sini, kami terus berjalan dan sampai ke Clovelly Beach. Pantai berukuran mini yang lebih mirip pantai pribadi daripada pantai untuk umum. Meskipun begitu, tetap saja di sini penuh dengan pengunjung.

Ada sedikit pemandangan berbeda ketika kami mencapai area yang disebut Bundock Park. Sesuai namanya area ini berupa taman yang cukup luas dengan padang rumput dan pepohonan hijau. Di sini ada sebuah lapangan rumput seukuran kurang lebih dua kali lapangan tenis, yang digunakan untuk permainan menggelindingkan bola yang disebut lawn bowls. Beberapa orang tampak sedang serius bermain. Jadi jangan khawatir, pemandangan yang akan Anda lihat di sepanjang perjalanan ini cukup variatif dan tidak membosankan. Tidak melulu pantai dan “obyek jemuran” :)

Pemandangan berikutnya yang kami temui lebih istimewa lagi dan agak sedikit mengejutkan. Area kompleks makam yang kami lewati memberikan kesan tersendiri yang sulit dijelaskan dengan kata-kata. Nuansa creepy yang bercampur beauty karena pemandangan di sini yang cukup mengesankan. Waverley Cemetery benar-benar tempat untuk “beristirahat dengan tenang” yang ideal, menurut saya. Sempat berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan di sini, kami lalu melanjutkan perjalanan dan menemukan pantai berikutnya, Bronte. Dari kejauhan saja sudah kelihatan kalau pantai ini penuh sesak dengan pengunjung. Dari dekat terlihat jelas para beach goer ini sangat menikmati suasana pantai. Ada yang sekedar berbaring santai menikmati sinar matahari dan indahnya cuaca musim panas. Ada juga yang memilih untuk beristirahat di dalam tenda atau di bawah lindungan payung. Pengunjung lain memilih untuk baca buku, bermain voli pantai dan tentu saja berenang. Pantai ini terkenal sebagai family haven yang populer sebagai pantainya keluarga.

Waverley Cemetery

Dan akhirnya, the finale! Perjalanan kami yang sangat mengesankan ini ditutup dengan pemandangan pantai paling populer di Sydney, Bondi Beach. Needless to say, pantai ini sangat ramai. Rasanya sudah tidak sabar untuk bergabung dengan keramaian dan menikmati suasana pantai. But first things first! Perjalanan sejauh 6 km yang memakan waktu kurang lebih dua jam ini ternyata membakar cukup banyak kalori juga. Apalagi di bawah sinar matahari yang bersinar dengan terik. Saatnya untuk mengisi perut yang sudah keroncongan. Berhubung sudah lapar kami tidak terlalu selektif untuk memilih menu. We need something fast, so pilihan jatuh pada fast food chain yang  sangat populer di Sydney, Hungry Jack’s. Burger dan soft drinks yang kami santap pun terasa seperti layaknya suguhan restoran bintang tiga Michelin. Setelah lunch kami sempatkan untuk hang out di Bondi sebelum akhirnya naik bis untuk kembali ke Coogee. Mauricio kemudian mengantar saya pulang dengan mobilnya.

Kilas balik, Mrs Parsonage jelas tidak berlebihan waktu menceritakan kepada kami tentang indahnya coastal walk ini. Kami benar-benar sangat puas dan senang telah mengikuti saran beliau untuk menjajal perjalanan ini. Kalau boleh sharing sedikit, next time you’re in Sydney, Anda patut mempertimbangkan...koreksi...Anda WAJIB mencoba coastal walk ini. Dijamin tidak akan menyesal! It’s an experience of a lifetime!

TIPS:
  • Gunakan sepatu yang nyaman untuk berjalan kaki, karena jarak tempuh yang cukup jauh.
  • Jangan lupa untuk memakai topi dan juga sun block, apalagi kalau Anda melakukan perjalanan ini di waktu musim panas.
  • Kamera juga wajib dibawa untuk mengabadikan “peristiwa bersejarah” ini J Tapi jangan keasikan foto-foto lalu lupa menikmati pemandangan. Melihat dari balik lensa atau lewat foto tidak pernah akan sebanding dengan melihat dan mengalami secara langsung dengan mata dan hati!
  • Bawa minuman yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Boleh juga menyelipkan sedikit makanan ringan untuk mengganjal perut, just in case diserang rasa lapar di tengah perjalanan. Breakfast sebelum melakukan perjalanan juga sangat disarankan. Tapi ingat untuk tetap travel light, karena excess baggage di ransel hanya akan semakin menguras energi Anda.
  • Untuk informasi transportasi umum ke pantai, baik Bondi maupun Coogee, bisa mengakses website transport resmi pemerintah www.131500.com.au